Kaltara Raih Bhumandala Award 2016

Diposting pada : Jumat, 04 Maret 2016 - 08:40:59

Oleh : App Developer

BOGOR – Setelah melalui proses penilaian dan verifikasi di Bogor, 6 Oktober 2016, bertepatan dengan Hari Informasi Geospasial Nasional, Simpul Jaringan Provinsi Kalimantan Utara, mendapatkan penghargaan Bhumandala Award, Senin (17/10/2016) di Kantor Badan Informasi Geospasial Jl. Raya Jakarta – Bogor Km. 46 Cibinong.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara menerima penghargaan Bhumandala Award Kategori Simpul Jaringan Berkembang, yang diterima langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara Dr. H. Irianto Lambrie. Penghargaan untuk Simpul Jaringan Kalimantan Utara diberikan atas upaya dan kinerjanya dalam menginisiasi pembangunan Simpul Jaringan di Provinsi Kalimantan Utara, terlebih Provinsi Kalimantan Utara merupakan Daerah Otonomi Baru, dimana urgensi atas kebutuhan data geospasial sangat penting.

Salah satu amanat Undang-Undang Informasi Geospasial adalah bahwa Informasi Geospasial yang sudah dibangun oleh berbagai pihak harus bisa diakses secara mudah oleh masyarakat. Sarana yang menyambungkannya disebut Simpul Jaringan. Dalam rangka inilah, maka BIG bersama berbagai Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sedang membangun infrastruktur geospasial yang meliputi aspek Kelembagaan, Kebijakan, Sumber Daya Manusia, Teknologi, Standar dan Data Geospasial.

Infrastruktur ini terwujud dalam jaringan informasi geospasial nasional, yaitu sebuah jaringan yang menghubungkan Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai simpul jaringan, dengan Badan Informasi Geospasial sebagai penghubung simpul-simpul jaringan ini. Melalui jaringan inilah maka informasi geospasial dapat diakses dan dibagi-pakaikan kepada para pengguna.

Sebagai bukti keseriusan dan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam pengelolaan data geospasial, Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara akan menerbitkan regulasi teknis dan kelembagaan dalam bentuk Peraturan Gubernur  yang mengatur pengelolaan data baik geospasial maupun data aspasial.

            Sementara itu, untuk menjaga kesinambungan dan konsistensi pengelolaan data geospasial, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melakukan nota kesepakatan dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Dengan demikian, pemutakhiran data geospasial di Kalimantan Utara dapat dilaksanakan dengan cepat, sehingga informasi yang diperoleh akan lebih tepat dan akurat.

            Bappeda Provinsi Kalimantan Utara telah membuat sejumlah rencana kerja tindak lanjut untuk keberlangsungan SImpul Jaringan. Diperlukan konsistensi dukungan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Kalimantan Utara, baik berupa data geospasial dengan kuantitas dan kualitas yang baik, infrastruktur pendukung maupun pendampingan pembangunan data geospasial di Provinsi Kalimantan Utara, untuk mewujudkan komitmen penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu database dan satu geoportal di Kalimantan Utara. (Bappeda-PPW).